Skip to main content

Orang pintar pasti akan selalu memperbaiki shalatnya

Ketika pemerintah memutuskan bahwa nilai Ujian Nasional hanya diambil dari 3 mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, maka serentak orang-orang tua dari anak-anak bimbingan les saya dulu meminta untuk memfokuskan pada ketiga pelajaran tersebut. Seolah-olah mereka berkata: "Mas, sementara sekarang tidak usah belajar IPS, IPA, dan tetek mbengeknya itu, sekarang yang penting adalah tiga pelajaran itu" (jadi inget sama iklannya LA Light: Kalau yang nggak penting itu penting, maka yang penting itu nggak penting... :D)

Sementara itu, di mata pemerintah yang menetapkan kebijakan itu, mereka memahami bahwa semua pelajaran akan baik kalau ketiga pelajaran itu baik.

Nampaknya hal ini hampir sama dengan apa yang pernah disampaikan Rasulullah SAW terkait masalah shalat: "Yang paling awal dihitung dari seorang hamba adalah shalatnya. Apabila baik shalatnya, maka semua amal yang lain dianggap baik. Apabila tidak baik shalatnya, maka semua amal yang lain dianggap tidak baik.

Ustadz Suprapto Ibnu Juraimi mengatakan: "Orang yang tahu hadis itu, maka hal yang paling awal dia lakukan untuk memperbaiki dirinya adalah memperbaiki shalatnya. Dengan memperbaiki shalat, maka akan selamat semua perbuatannya, sehingga insya Allah dia akan selamat di dunia dan akhirat". Dengan kata lain, bahwa perbaikan diri dalam hal apapun akan bisa dimulai dari memperbaiki shalat kita. Hadis rasulullah itu secara implisit merupakan sebuah jaminan, bahwa orang yang shalatnya baik pasti akan mempunyai perbuatan-perbuatan yang baik, bisa dipercaya, dan sebagainya. Orang yang shalatnya tidak baik, maka tidak ada jaminan padanya akan baiknya perbuatan-perbuatannya. Hal ini memang selaras dengan firman Allah SWT: "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar".

Jadi, mulailah belajar bagaimana shalat yang baik. Perbaiki rukun-rukunnya, perbagus dan perlama bacaannya, perpanjang tumakninahnya, dan belajarlah merasakan kehadiran Allah dalam shalat kita (seperti yang pernah dikatakan Rasulullah: "Kalau seseorang itu tahu siapa yang dia temui dalam shalatnya, maka dia tidak akan pernah mau menghentikan shalatnya"). 

Saat ini banyak sumber untuk belajar shalat yang benar, bisa dari buku, atau bahkan dari internet. Di youtube, saya menemukan banyak sekali video panduan shalat yang bagus. Salah satunya adalah dari ustadz suprapto ibnu juraim sendiri. Silahkan di youtube dicari dengan kata kunci "panduan shalat" atau langsung "ibnu juraim"

Comments

Popular posts from this blog

Find JIRA issues mentioned in Confluence Page

I have been walking through a lot of pages in internet but have not found any answer except one. However, the answer is not complete, so I will share my experience here. This feature is very useful, especially to summarize the issues found during certain tests, where the tests are reported in a confluence page. I found that there are so many questions about this, but Atlassian seems does not want to bother with this request. I found one way to do this by the following tricks Take one JIRA issue that related to the target confluence page (in this case, say it is GET-895) Find the global ID of a JIRA issue: http://bach.dc1.scram.com:8080/rest/api/latest/issue/GET-895/remotelink It will show the JSON like this: [{"id":28293,"self":"http://bach.dc1.scram.com:8080/rest/api/latest/issue/GET-895/remotelink/28293","globalId":"appId=662e1ccf-94da-3121-96ae-053d90587b29&pageId=105485659","application":{...

If and For in Wolfram Mathematica (with examples)

IF Condition in Wolfram Mathematica The syntax is as follows xxxxxxxxxx If [ condition , what to do if true , what to do if false ] Some examples Example 1. Simple command x x = - 3 ; If [ x < 0 , - x , x ] 3 Example 2. If condition in a function abs [ x_ ] := If [ x < 0 , - x , x ] abs /@ { - 3 , 2 , 0 , - 2 } { 3 , 2 , 0 , 2 }   For in Wolfram Mathematica The syntax is as follows For [ start , test , inc , what to do ] Some examples Example 1. Simple Loop xxxxxxxxxx For [ i = 0 , i < 4 , i ++, Print [ i ]] 0 1 2 3 Example 2. Another simple loop For [ i = 10 , i > 0 , i --, Print [ i ]] 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 Example 3. Print list a = { 10 , 3 , 9 , 2 } For [ i = 1 , i < 5 , i ++, Print [ a [[ i ]]]] 10 3 9 2  

Android studio in ubuntu - problem: 'tools.jar' seems to be not in Android Studio classpath. Please ensure JAVA_HOME points to JDK rather than JRE.

I love coding, especially Java. Because Android apps is written in Java, I would love to make one as well. Unfortunately, when I tried to install Android Studio on my Ubuntu yesterday, I got this error message: 'tools.jar' seems to be not in Android Studio classpath. Please ensure JAVA_HOME points to JDK rather than JRE. When I google on this error, there are so many websites and forums discuss about this error as well as the solutions. However, in linux (or ubuntu in my case), sometime we have different environment so that the solution will not always work (sometimes we have to do another thing before or after that solution). And this also happen in this case. Here are what I did then: 1. Know what exactly the problem is: the problem is that the JAVA_HOME in my system did not point to JDK. Instead, it points to a JRE. JRE can only be used to run java applications, not to build them. 2. Check the java path used by the system. In terminal, I typed the following: ...