Saturday, November 29, 2008

Jambu, obat alami untuk mencret dan demam

Sejak pakdhe saya meninggal malam jumat kemarin, saya jadi takut untuk berobat ke dokter dan mencoba untuk mencari obat-obatan alami. Untuk diketahui, pakdhe saya dulu menderita diabetes. Setelah berobat dengan anti diabetes, ternyata malah ginjalnya bermasalah karena ginjalnya tidak kuat dengan obat diabetesnya.

Sejak hari jumat kemarin, saya mencret dan demam. Oleh mertua, saya dinasehati untuk membuat jus daun jambu muda dari jambu susu (sejenis jambu kluthuk, tapi yang daging dalamnya berwarna merah). Setelah minum segelas, alhamdulillah tidak sampai satu hari, mencret saya berangsur-angsur sembuh.

Cara membuatnya cukup sederhana:
1. Ambil beberapa helai daun jambu yang masih muda (ambil daun-daun yang ada di ujung batang), lalu cuci sampai bersih.
2. Masukkan daun ke dalam blender, beri gula (kalau mau, sedikit garam)
3. Masukkan air matang (tidak panas) secukupnya
4. Segera minum

Jambu juga pernah membantu saya ketika dulu saya demam berdarah (ketika itu hari kedua UMPTN.. hiks hiks... tapi alhamdulillah lulus :D). Buah jambu (semua jenis jambu kluthuk) secara turun temurun digunakan untuk obat demam. Tidak hanya demam berdarah, tapi semua jenis demam insya Allah dapat diobati dengan jambu.

Jambu bisa dimakan langsung atau dengan dibuat jus.

Mudah-mudahan bermanfaat.

1 comment:

Novi Saluntara said...

oo begitu ya pak... dulu siy ketika kecil dirumah ada pohon jambu. sekiranya bapak mungkin tau, kl di jakarta cari daun jambu susu itu dimana ya?
terima kasih

salam kenal
novi