Wednesday, December 19, 2007

Memberesi masalah permission denied di XAMPP ubuntu

Ketika xampp kita sudah jalan di ubuntu, permasalahan yang mungkin muncul adalah permasalahan di permission. Mungkin kita bisa membuat folder dan file ke folder dari terminal. Misalnya dengan mengetikkan

sudo mkdir /opt/lampp/htdocs/arwan

kemudian

sudo gedit /opt/lampp/htdocs/arwan/index.php

Akan tetapi ketika kita mencoba mengaksesnya, misalnya untuk mengakses index.php yang kita buat, yaitu ketika kita ketikkan http://localhost/arwan/index.php atau http://localhost/arwan, maka akan muncul pesan yang menyatakan permission denied. Ada apakah itu???

Jawabannya, itu terjadi karena permission yang ada di file-file htdocs. Untuk mengatasinya, ada dua cara yang bisa digunakan.

Cara pertama: setiap kali kita membuat file di folder tertentu, maka setiap kali itu pula kita mengubah permission rule-nya. Misalnya kita buat file config.php, connection.php, guestbook.php di bawah folder /arwan/, maka setelah file-file tersebut selesai kita buat, kita bisa mengetikkan di terminal:

sudo chmod 777 /opt/lampp/htdocs/arwan/*

Cara kedua: ubah saja owner htdocsnya langsung, sehingga kita bisa membuat folder, menghapus folder, mengubah nama folder, membuat file, mengubah file, menghapus file, dan melakukan aktivitas-aktivitas menarik lainnya secara langsung di htdocsnya tanpa terganggu lagi pesan permission ini dan juga tanpa terganggu keharusan untuk mengubah permission rule. Caranya adalah: ketikkan di terminal:

sudo chown -Rh arwan:arwan /opt/lampp/htdocs

Maka, selesailah semua masalah.... dunia kembali bersinar...

6 comments:

Anonymous said...

terima kasih buat tulisannya mas arwan, sangat membantu

bangsaid said...

Subhanalloh... Berhasil
Makasih nih mas Ilmunya ;-)

Okki Blog TKJ said...

nha

Okki said...

alhamdulilah akhirnya ketemu juga mas..terima kasih banyak yah...

Okki Blog TKJ said...

terima kasih banyak mas...sukses nih

bos bawang said...

Emang jossss