Friday, November 23, 2007

Love your job… but…

Berikut ini saya kutipkan pidato dari N.R. Narayana Murthy, seorang tokoh IT dari India yang telah menjadi CEO dari Infosys Technologies selama 20 tahun. Pidato ini disampaikan dalam sebuah pertemuan karyawan beberapa perusahaan IT di India.

Sedikit tentang Pak Narayana Murthy. Selain di Infosys, beliau juga menjadi konsultan di banyak perusahaan (lihat profil beliau di wikipedia). Karena kontribusi beliau yang sangat besar bagi dunia IT ini, beliau termasuk dalam 50 orang paling berpengaruh versi majalah Asia Week (tentang ini saya masih ragu, karena saya cari di web asiaweek tidak ada - pen). Saat ini, beliau juga sedang menjadi konsultan IT bagi perdana menteri Thailand.

Kutipan pidato ini saya dapatkan dari software metacafe pro saya (sebuah service software yang bisa didonlot gratis dari http://www.metacafe.com). Sedikit penjelasan, metacafe adalah sebuah portal sharing untuk berbagai jenis resource, dan metacafe pro akan mendownload resource-resource tersebut secara otomatis setiap kali kita konek ke internet. Resource-resource tersebut free, jadi halalan thoyyiban.

Beliau memberikan ceramah dengan judul: "Love your job, but never fall in love with your company, because you never know when company stops loving you". (selanjutnya tak bahasa Indonesiain aja, biar lebih jelas). Banyak orang yang bekerja 12 jam sehari, 6 hari seminggu. Beberapa karena mereka dikejar deadline pekerjaan, beberapa karena mereka ketagihan dengan tempat mereka bekerja, dan yang lain punya alasan mereka sendiri-sendiri. Akan tetapi apapun alasannya, berada di kantor terlalu lama (overtime) tidak baik pengaruhnya bagi dirinya dan juga bagi perusahaan atau organisasinya (dan juga bagi keluarganya, apalagi bagi yang sudah punya istri dan anak –pen). Kebanyakan orang-orang yang bekerja overtime menjadi orang yang senang COMPLAIN tentang orang lain, IRRITABLE (sensitif), dan gampang marah.

Cara yang baik bagi seseorang untuk bekerja adalah:
1. Bangun pagi, sarapan makanan yang baik bagi kesehatan, dan berangkat kerja
2. Bekerja keras dan cerdas selama 8 atau 9 jam
3. Pulang
4. Baca komik, lihat film, cabuti rumput di kebun, sirami bunga, bermain dengan anak-anak, dan lain-lain
5. Makan makanan yang baik dengan cara makan yang baik, dan tidur dengan nyenyak.

Kata beliau: "Things will happen while you are asleep, but you will have the energy to catch up when you wake". (kita juga butuh istirahat, karena energi dari istirahat itulah yang akan bisa digunakan untuk menuntaskan masalah-masalah yang kita hadapi – pen)

Kalau saya membahasakan apa yang disampaikan Pak Narayan ini: bekerjalah dengan keras dan cerdas, tapi ingat bahwa ada yang lain yang punya hak atas diri kita (baca: keluarga, masyarakat, rumah kita, halaman di sekitar kita, termasuk diri kita sendiri). Karena ketika semua hak tertunaikan, maka semua akan berjalan dengan baik. Seperti pedoman relawan rumah zakat indonesia yang saya dengar pas dulu saya ndaftar jadi relawan: "Tenangnya
ketika hak tertunaikan
".

Semoga bermanfaat.

1 comment:

mitatea said...

Maaf mas, sekedar koreksi slogan Relawan RZI itu "Ketenangan ada saat amanah tertunaikan" :)
Salam kenal..