Thursday, June 4, 2015

Tips Murah Parkir Menginap di Stasiun Jogja

Bismillah...

Menjadi seorang pelanggan PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) seperti saya memang perlu trik-trik khusus di perjalanan, baik itu trik untuk menyiasati perjalanan agar terasa nyaman, tidak melelahkan, tapi juga trik bagaimana agar mengeluarkan duit seminimal mungkin. Pada posting kali ini saya ingin berbagi tentang parkir motor menginap yang murah di stasiun Jogja.

Di Jogja, ada dua stasiun besar, yaitu Lempuyangan dan Tugu. Selain itu, ada beberapa stasiun kecil (yang saya tahu Stasiun Wates dan Stasiun Maguwo atau bandara). Dari stasiun tersebut, saya hanya akan membandingkan dua stasiun besar di Jogja saja, yaitu Lempuyangan dan Tugu.

Stasiun Tugu
Di Stasiun Tugu, setau saya hanya ada parkir di area dalam stasiun. Tarif parkir di tempat ini sudah begitu banyak dikeluhkan orang, bahkan beberapa kali malah sempat masuk berita. Bagaimana tidak mengeluh, tarif yang digunakan adalah tarif per jam. Kalau kita menginap sehari semalam, maka tarif sehari semalam kira2 sebesar 15-18 ribu, sehingga untuk PJKA seperti saya, maka untuk 6 hari saja, kalau saya parkir di stasiun tugu, saya harus merogoh kocek sebesar 15x6=90 ribu rupiah.

Stasiun Lempuyangan
Untuk Lempuyangan, kita bisa parkir di dalam stasiun maupun di luar stasiun. Kalau parkir di dalam stasiun, parkirnya per hari adalah sebesar 8 ribu rupiah. Sedangkan di luar stasiun, rata2 tarifnya adalah sebesar 3 ribu rupiah. Jaraknya sama sekali tidak jauh dari stasiun. Hanya seberang stasiun, dan di sana sudah berjajar banyak rumah yang disulap menjadi tempat parkir menginap.

Anda parkir di dalam atau di luar stasiun sebenarnya tergantung mantepnya dimana sih. Kalau saya, lebih memilih di luar karena lebih murah. Setiap minggu, saya hanya merogoh kocek biasanya 20 ribuan atau kurang (tergantung mas parkirnya pas ngitung masih ngantuk atau tidak. Hehehe). Tapi kalau anda penggemar parkir yang terkomputerisasi, maka parkirlah di dalam stasiun. Paling2 kan "cuma" 50 ribu. Hehehe... :D

Anda PJKA tapi dapet keretanya dari Stasiun Tugu?
Hmmm... saya juga pernah mengalami yang demikian. Cara saya mensiasatinya adalah sebagai berikut: parkir motornya di stasiun Lempuyangan lalu naik ojek ke Stasiun Tugu. Lempuyangan ke Tugu sebenarnya tidak jauh, jadi kalau nawar ojek sekitar 15 atau 10 ribu sih harusnya boleh.

Kesimpulan
Parkir yang paling mahal: Stasiun Tugu (15-18 ribu per hari)
Parkir yang paling murah: Di luar Stasiun Lempuyangan (3 ribu per hari)
Rekomendasi untuk yg parkir inap: Berangkat dari Tugu atau Lempuyangan, selalu usahakan untuk parkir motor di luar stasiun Lempuyangan

Semoga bermanfaat.... :D

7 comments:

Nurul Al Amin said...

Perbandingannnya jauh sekali tugu dan lempuyangan, pantesaaaan mahal. Sy sm suami mlongo, kok tiga hr sampai sekian puluh ribu..... udah gitu keluar dr area parkir, kepala pake acara dihantam palang parkir otomatis pulak.... thanks for sharing nya, mas arwan

Mang yayi jaba widhiartha said...

Beberapa hari yg lalu sy menginapkan motor sy di tugu, sisi sebelah selatan dekat plg kereta , tarif yg dikenakan utk parkir inap 8rb per hari, dr pukul 00.00 s.d 24.00, klp kita keluar lebih dari pukul 24.00 maka akan dihitung ke hari berikutnya meskipun cuma beda 1 menit saja.

lintangsmom said...

Sabtu kmrn markir di luar stasiun lempuyangan inap semalem kok dicas 5rb ya.pdhal biasanya cm 2.500.apa krn menjelang lebaran ya...

arwan khoiruddin said...

@lintangsmom: setau saya tarifnya emang dah berubah. Hari pertama 5000, hari selanjutnya 2 ribuan

arwan khoiruddin said...

Akhir-akhir ini ada kebiasaan baru saya, yaitu jalan kaki. So, jika kebetulan dapat kereta yang berangkat dari Stasiun Tugu, saya parkir di lempuyangan dan jalan ke Stasiun Tugu. Ada jalan kecil di daerah Tukangan yang bisa dilewati untuk menuju Tugu. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, cuma 1.4 Kilo.

monikristyana said...

Hello Mas Arwan, saya Monika, mahasiswa UGM, mau mengadakan penelitian tentang moda lanjutan komuter Yogyakarta. Bolehkah saya minta kontaknya?
Kalau keberatan dishare kesini, mungkin boleh minta emailnya agar bisa dihubungi.
tks

Breeze of the Day said...

Terima kasih infonya mas Arwan..