Sunday, November 22, 2009

Solusi problem di karmic: cannot update .ICEauthority

Welcome to the jungle...

Menurut saya, linux adalah seperti sebuah hutan belantara. Antara satu entitas dengan entitas yang lain sering saling terpisah. Di hutan belantara, kalau kita meletakkan seekor atau sekawanan hewan baru berarti alam perlu menyesuaikan diri agar menjadi seimbang. Demikian juga dengan linux, ketika kita menginstall sesuatu yang baru, kadang linux harus kita set ulang, karena kadang ada masalah-masalah yang timbul di tempat lain gara-gara spesies software yang baru kita letakkan di hutan linux itu.

Salah satu buktinya adalah pada waktu saya nginstall karmic (ubuntu 9.10). Setelah saya nginstall semuanya, saatnya saya menginstall virtualbox kemudian menginstall windows xp dan customisasi XP itu. Instalasi berjalan lancar. XP juga berjalan lancar. Tapi, ketika saya reboot linux saya, eee... tahu-tahu muncul peringatan pada saat mau login: could not update .ICEauthority. Saya pencet OK, lha kok malah toolbarnya linux malah hilang... We la dalah... piye iki...

Browse sana sini, akhrinya ketemu dengan forum ubuntu yang membahas hal itu. Ternyata langkahnya cukup mudah...

1. Kalau ini terjadi, biasanya sistem akan sedikit mencla mencle... artinya kadang bisa masuk normal kadang tidak. Nha, kalau anda masih bisa login normal, cobalah masuk ke dalam terminal. Jika memang tidak bisa masuk dalam keadaan normal, misal seperti kasus saya, toolbarnya hilang, cobalah akali dengan membuat launcher di desktop. pilih tipenya adalah application in terminal. untuk commandnya, ketik apa saja, lah, terserah. Setelah launcher itu jadi, maka double klik pada launcher itu, maka akan masuk kepada terminal, dan akan muncul "failed to create child process". Lha iyalah, masak ya iya dong... lha wong emang command kita juga asal, kok... jangan khawatir... pilih file kemudian new tab.

2. Kita perlu mengubah empunya sekaligus mengubah hak akses file .ICEauthority. Caranya adalah dengan mengetikkan (sesuaikan nama user dengan user anda sendiri):

- sudo chown arwan:arwan /home/arwan/.ICEauthority
- sudo chmod 644 /home/arwan/.ICEauthority

seperti anda ketahui, chown adalah mengubah pemilik file, yang dari awalnya dimiliki oleh user root di group root menjadi arwan di group arwan). Sedangkan chmod adalah mengubah hak akses terhadap file tersebut. 644 berarti file itu bisa dibaca dan ditulisi oleh user tersebut, bisa dibaca oleh siapapun yang berada di group arwan, dan juga bisa dibaca oleh user-user lain di luar group arwan.

Demikian, semoga bermanfaat.

NB: cara ini hanya bisa ampuh untuk folder home yang tidak terenkripsi. Untuk yang terenkripsi, mungkin anda bisa merujuk ke sumber lain.