Wednesday, September 24, 2008

Hoax

Kenapa ya, kok hoax selalu saja ada? Topiknya macem macem, mulai dari minta transfusi darah sampai himbauan MUI tentang quran palsu.

Kenapa ya, kita begitu gampang ditipu? Kenapa sikap solider kita dimanfaatkan untuk menyebarkan tipuan tipuan seperti itu? Salahkah sikap solider kita? Untuk pertanyaan terakhir, mungkin tepat jika dijawab: tidak salah, cuma kurang tepat.

Makanya, teliti dulu sebelum menyebarkan. Jangan sampai kita jadi tangan tangan kanan dari orang pembohong itu. Jangan sampai dosa kita berlipat-lipat karena kita menyebarkan ke banyak orang, yang mereka kemudian menyebar kebohongan itu ke banyak orang lagi. Kita mungkin niatnya baik, agar bisa menolong dan menyelamatkan orang. Tapi, bukankah hal yang paling mengerikan adalah ketika kita inginkan kebaikan, justru malah keburukan dan dosa yang kita dapat? Na'udzubillah.

3 kali 3 jadi 9. kali 3 lagi jadi 27. kali 3 lagi jadi 81. kali 3 lagi jadi 243. Kali 3 lagi jadi 726. Kali 3 lagi? Kali 3 lagi?

Sebanyak itu orang yang kita tipu, dari menyebarkan berita tak jelas ni pada 3 orang. Bayangkan kalau sekali kirim, anda kirim ke 20 orang. Brapa yang anda tipu? Lebih jelasnya lagi, kira-kira, berapa dosa berantai anda?

Ngeri, bukan?

1 comment:

Syarif Achmad said...

Setuju. Bagaimana cara mengenai hoax? Ada di posting saya:
http://asyarif.blogspot.com/2008/01/cape-dehcerita-tentang-hoax.html