Monday, April 14, 2008

Ngakali blocking youtube

Seperti sudah kita ketahui, sejak beberapa hari yang lalu, depkominfo dan beberapa ISP di Indonesia (telkom, indosat, dll) berusaha unjuk gigi dengan melakukan blocking terhadap beberapa situs yang mempunyai video fitna. Salah satu di antaranya adalah youtube. Sejak pemblokiran itu, kalau kita ketik alamatnya di browser kita (http://youtube.com), maka yang muncul adalah pesan bahwa page not found (error 404).
Akan tetapi, sepandai-pandai orang memagari rumah, pasti ada celah untuk masuk, sekecil apapun celah itu. Terhadap pemblokiran ini, masih banyak celah yang bisa dipakai. Salah satunya adalah dengan meminjam proxi di negara lain selain Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software. Salah satu software yang bisa digunakan adalah OperaTor. OperaTor adalah sebuah browser yang secara otomatis mengambil proxi bebas dari negara lain.
Kita bisa melihat efek dari software ini dengan mengakses http://cmyip.com. Gambar berikut merupakan capture dari akses cmyip dengan menggunakan firefox.















Sedangkan gambar berikut merupakan capture dari akses ke cmyip.com dengan menggunakan OperaTor pada waktu yang sama dengan cmyip dari firefox.














Dari kedua gambar tersebut, dapat dilihat bahwa dengan menggunakan OperaTor, kita dianggap tidak berada di Indonesia (kebetulan pas saya capture ini, akses proxy yang digunakan adalah dari Berlin, Jerman).
Dengan demikian, maka kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada pemblokiran. Selamat mencoba....

3 comments:

Kalar said...

See Please Here

wahyoe said...

you tube dah nga di blok pak

arwan said...

wahyu: iya, ki... wah... artikelnya tak tulis beberapa hari sebelum youtube di-unblock...jadi ya, sekarang jadi nggak berguna, dech.... hehehe

Tapi, cara itu akan berguna kalau kita ingin melakukan browsing secara anonim atau menghindari blocking lokal. :D